Minggu, 15 Mei 2011

Budaya Organisasi for iklim organisasi


Iklim Organisasi
dlam ruang linhkup Unversitas Progdi Manajemen.
dalam hal ini meneliti budaya fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Purworejo.
menyangkut beberapa dimensi dari Letwin dan Stringer pada tahun 1968, yaitu sebagai berikut :
1. Structure
struktur merupakan bagan organisasi yang diterapkan pada fakultas ekonomi di UMP, dimana telah tersusun dengan rapi anggota yang bersangkutan untuk menjalankan tugas di fakultas ekonomi, dalam hal ini peran semua pihak ruang lingkup fakultas ekonomi ikut berperan. dosen, mahasiswa dan TU (karyawan).
peran struktur di sini untuk memudahkan para anggota yang berkaitan untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.
Dosen sebagai tenaga pengajar dan pembimbing memberikan materi kepada para mahasiswa untuk dipelajari dan dipahami oleh para mahasiswa yang kemudian di terapkan oleh para mahasiswa.
TU/Karyawan menerapkan peranya sebagai pengurus tata usaha yang bersangkuta dengan kinerja progdi manajemen, dan memberikan informasi kepada para mahasswa.
mahasiswa para mahasiswa menerapkan dirinya sendiri sebagai orang yang sedang belajar dan terikat oleh suatu aturan yang berlaku di fak. Ekonomi dengan mengikuti segala aturan yang diterapkan disana.

2. Responsbility ( tanggung jawab)
dalam hal ini semua pihak merasa dirinya sebagai pemimpin yang tugansya untuk memimpin dirinya sendiri dan menerapkanya di aturan yang diterapkan di Fak. Ekonomi.
masing-masing bertanggung jawab tentang dirinya sendiri dan tugasnya masing-masing.
Dosen bertanggung jawab atas peran mahasiswa dimana harus memberikan materi kepada para mahasiswa. dan menindak lanjuti sikap para mahasiswa atas materi yang diberikan kepada para mahasiswanya.
Karyawan bertanggung jawab atas tugasnya yang merupakan lahan informasi bagi para mahasiswa, dan mengatur manajemen yang teratur di fak.Ekonomu.
Mahasiwa jelas disini peran mahasiswa sebagai subjek yang membutuhkan untuk mendapatkan materi yang diberikan oleh Dosen. mereka bertanggung jawab atas tugas dan materi yang telah diberikan kepada mereka.

3. Reward (hadiah atau bonus
di aspek ini peran semua pihak sangat berkaitan dengan yang lain dimana memberikan hadiah kepada para yang bersangkutan dalam bidangya masing. untuk mahasiswa yang memberikan reward para dosen, yaitu dengan memberikan nilai tambah kepada para mahasiswa yang aktif dan berprestasi. biasanya dalam bentuk nilai. aspek ini tidak bayak diketahui karena sifatnya yang tertutup di fakultas ekonomi.

4. Risk (resiko)
setiap hal yang dilakukan memiliki resiko, seperti mahasiwa yang gagal menrima materi dan hasil nilai buruk, dan sangsi yang diterapkan bagi para mahasiswa yg telat KRSan. juga para karyawan yang salah memberikan informasi sehingga berdampak tidak menguntungkan dari semua pihak dan para dosen yang pada jam kuliah yg dijadwalkan tidak bisa hadir akan memberikan resiko pada mahasiswa dan yang menjalankan tugasnya masing-masing.

5. Warmht (kehangatan)
hubungan harmonis antar semua pihak sangat dibutuhkan.
antara dosen dan mahasiswa akan sangat berpengaruh pada kegiatan pengajaran. namun biasanya terkesan merugikan bagi para mahasiswa, dan seringkali kehangatan ini tidak sering terjadi.

6. Support (dukungan)
dukaungan yang dari para dosen untuk membantu segala hal yang di inginkan mahasiswa tanpa harus lepas dari aturan-aturan yang ada. sehingga para mahasiswa akan merasa tenang dan nyaman dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TULIS APA AJA YANG INGIN KALIAN SAMPAIKAN